Universitas Tamansiswa

Kuliah Malam menyampaikan informasi tentang Universitas Tamansiswa, semoga informasi ini bermanfaat

Universitas Tamansiswa

Universitas Tamansiswa (Unitas), adalah Perguruan Tinggi Swasta di Kota Padang, Indonesia, berdiri pada tahun 1987 yang berpusat di Yokyakarta di bawah naungan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa. Alamat: Jl. Tamansiswa No.9 Padang 25138. Telp/Fax: 0751-40020, 0751-444170. Web: http://www.unitas-pdg.ac.id. Semua program studi terakreditasi oleh BAN PT. Rektor ke-6 (2011-2015) adalah Prof. Dr. Ir. M Zulman Harja Utama, MP. Rektor ke-8 melanjutkan periode 2015-2019 adalah Dr. Ediwirman, SP. PM
Motto: Mencerdaskan dan Memberdayakan Anak Bangsa
Posdaya dan Tabur Puja
Unitas, merupakan Perguruan Tinggi perintis pengembang Posdaya di Sumatera Barat berkerjasama dengan Yayasan Damandiri Jakarta, diawali dengan pengembangannya di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, Padang Pariaman Sumbar. Pengembangan Posdaya secara intensif mulai dilakukan sejak tahun 2011 melalui kegiatan KKN dan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa dan Dosen. Pada pertengahan Desember 2014 Unitas telah mengembangkan 287 Posdaya, yang tersebar di-12 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Untuk pengembangan Posdaya dan pemberdayaan masyarakat kurang mampu, Unitas telah menyalurkan dana Tabur Puja di Kota Padang dan sekitarnya. 
Dana Tabur Puja tersebut, dipinjamkan untuk mendukung kegiatan usaha produktif dan untuk anggota yang baru akan memulai usaha. Jumlah anggota yang telah memanfaatkan dana tersebut berjumlah 2506 orang, berasal dari 25 kelompok Posdaya. Setiap anggota dari kelompok Posdaya, maksimum dapat meminjam dana sebesar Rp. 2 Juta tanpa agunan dengan sistem tanggung renteng. Dana yang telah digulirkan sampai pertengahan Desember 2014 lebih dari Rp. 4.3 Milyar dengan nilai NPL 0 (Nol). Pengelolaan dana Tabur Puja tersebut, dilakukan secara profesional di bawah naungan Koperasi Keluarga Besar Universitas Tamansiswa, dengan cara membentuk Unit Usaha Tabur Puja. Program tersebut di Louncing bersama oleh Rektor (Prof. Dr. M Zulman Harja Utama) dan Ketua Yayasan Damandiri Jakarta (Prof. Dr. Haryono Suyono) pada tanggal 2 April 2014 dengan jumlah dana Rp. 3 Milyar, berasal dari pinjaman Yayasan Damandiri Jakarta.
Fakultas
Universitas Tamansiswa memiliki 3 fakultas, yaitu:
Fakultas Ekonomi
Fakultas Hukum
Fakultas Pertanian

36 total views, 1 views today



Demikianlah informasi tentang Universitas Tamansiswa, semoga bermanfaat.