SEKOLAH TINGGI BAHASA ASING (STBA) METHODIST PALEMBANG

Kuliah Malam menyampaikan informasi tentang SEKOLAH TINGGI BAHASA ASING (STBA) METHODIST PALEMBANG, semoga informasi ini bermanfaat

SEKOLAH TINGGI BAHASA ASING (STBA) METHODIST PALEMBANG

Akademi Bahasa Asing Methodist Palembang, didirikan pada tanggal 1 Februari 1969 di Palembang Sumatera Selatan. Pada mulanya Akademi Bahasa Asing Methodist Palembang adalah cabang dari Universitas Methodist Indonesia yang berkedudukan di Medan Sumatera Utara. Sesuai dengan peraturan yang di keluarkan oleh Pemerintah dalam hal ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 1976, tentang pengaturan wilayah Perguruan Tinggi Swasta, Propinsi Sumatera Selatan terletak di Kopertis Wilayah II, sedangkan propinsi Sumatera Selatan terletak di wilayah Kopertis Wilayah I, maka Akademis Bahasa Asing Methodist Palembang sejak itu di bawah koordinasi Kopertis Wilayah II, jadi dipisahkan dari induknya di Medan.
Mengingat sarana dari tim supervise dan Evaluasi Ko[perti Wilayah II, Yayasan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta harus berdomisili pada wilayah yang sama dengan Perguruan Tinggi yang dikelolanya, sedang Yayasan tersebut berada di Medan, maka Yayasan Gereja Methodist Indonesia (Kantor Pusat Gereja Methodist Indonesia di Medan) mengeluarkan mandat kepada Pimpinan Distrik I wilayah II 1 Gereja Methodist Indonesia yang berkedudukan di Palembang untuk membentuk sebuah Yayasan khusus untuk mengelola Akademi Bahasa Asing Methodist Palembang, yang berfungsi sebagai pelaksana Kantor Pusat Yayasan dan Departemen Pendidikan Gereja Methodist Indonesia Pada tanggal 19 Januari 1982 didirikan Yayasan Akademi Bahasa asing Methodist Palembang, dengan akte Notaris Nomor: 31 tanggal 19 Januari 1982 oleh Notaris Justin A.R, SH. 
Sejalan dengan perekembangan jaman serta didorong keinginan yang kuat untuk meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat, Yayasan Akademis Bahasa Asing Methodist menginginkan perubahan status lembaga pendidikan yang di asuhnya dari Akademi menjadi Sekolah Tinggi.
VISI STBA Methodist Palembang

Sejak berdirinya pada tahun 1997 yang kemudian berubah bentuk menjadi STBA Methodist Palembang pada tahun 2000, arah dan cita-cita yang hendak dicapai yaitu, “Menjadikan pusat unggulan dalam pendidikan, pengembangan, dan penerapan ilmu bahasa asing yang mampu bersaing di tingkat nasional”. 
Rumusan Visi tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan pembangunan di bidang komunikasi dan untuk menjawab kaitannya yang dihadapi. Maka visi dimaksud diarahkan pada :
  1. Turut mencerdaskan kehidupan masyarakat melalui bidang pendidikan sehingga menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan kompetitif dan kemampuan komparatif.
  2. Pelopor perubahan dalam pengembangan Pemerintahan untuk pencerahan, pencerdasan, pemberdayaan dan pemanfaatan bagi pengembangan ilmu dan praktisi dalam bidang Bahasa dan Sastra .

MISI STBA Methodist Palembang


Selaras dengan rumusan mengenai visi STBA Methodist Palembang, maka misi dan tugas pokok adalah :
  1. Menyelenggarakan pendidikan bahasa Inggris dan Jepang yang berorientasi membentuk karakter yang berakhlak mulia.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan handal di bidang bahasa asing dengan integritas dan tanggung jawab ilmiah yang didasari oleh sikap profesional, kritis dan inovatif.
  3. Menerapkan ilmu bahasa untuk melayani dan memberdayakan masyarakat yang didasari oleh sikap profesional, kritis dan inovatif.
Sarana dan Prasarana
Untuk menunjang keberhasilan yang optimal STBA Methodist mempunyai unit-unit gedung/ ruangan milik sendiri berupa:
a. Gedung perkuliahan terdiri atas 3 lantai 
b. Gedung Lembaga Bahasa 
c. Ruang Pimpinan dan Staf STBA Methodist 
d. Ruang Administrasi 
e. Ruang Perpustakaan 
f. Ruang Laboratorium Bahasa 
g. Kantin 
h. Tempat parkir roda dua dan empat 
i. Tempat Olahraga/ Rekreasi

5 total views, 1 views today



Demikianlah informasi tentang SEKOLAH TINGGI BAHASA ASING (STBA) METHODIST PALEMBANG, semoga bermanfaat.